Koriyati, Koriyati and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Prof. Dr. Endang Fauziati, M. Hum (2013) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri I Sragi Kabupaten Pekalongan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (478kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (234kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri I Sragi, kabupaten Pekalongan. (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri I Sragi, kabupaten Pekalongan. dan (3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri I Sragi, kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Sragi Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia klas VII SMP Negri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, sudah dilakukan oleh guru bahasa Indonesia dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang disusun oleh MGMP bahasa Indonesia Kabupaten namun tidak semua rencana pembelajaran guru menerapkan metode pembelajaran siswa aktif. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, dilakukan oleh guru bahasa Indonesia dalam 3 (tiga) tahap kegiatan, yaitu kegiatan awal/pendahuluan; kegiatan inti; dan kegiatan penutup/akhir, dilakukan oleh guru dengan menerapkan berbagai metode, pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia yang menerapkan pembelajaran koopratif guru lebih mengutamakan pada terjadinya proses. Dengan metode pembelajaran berbasis siswa aktif terbukti dapat menumbuhkan rasa saling saling membantu dan siswa dapat memahami perbedaan pendapat yang ada diantara teman mereka, serta meningkatkan kerjasama dalam kelas. (3) Evaluasi pembelajaran metode Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan, dilakukan secara bertahap mulai dari evaluasi sumatif (harian) dan evaluasri formatif (mid semester dan semester). Evaluasi dalam metode pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, dilakukan dengan menunjukkan hasil belajar yang di capai oleh siswa dengan skor tertentu.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia ix |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2014 07:17 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27721 |
Actions (login required)
View Item |