Ardiansyah, Rizki and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Trucuk dengan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II di SMP Negeri 1 Trucuk Tahun Ajaran 2012 / 2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (994kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika pada pokok bahasan sudut dengan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi menggunakan Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri I Trucuk yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri I Trucuk. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajar, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator indikator minat belajar, yaitu: (1) minat siswa dalam menyiapkan buku pelajaran meningkat dari 13,15% menjadi 77,14%, (2) minat siswa dalam mengerjakan tugas meningkat dari 10,52% menjadi 71,42% (3) minat siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 19,57% menjadi 68,57% (4) minat siswa memperhatikan pelajaran meningkat dari 15,79% menjadi 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi menggunakan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri I Trucuk.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, media berbasis TIK, macromedia flash8 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2013 06:07 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25190 |
Actions (login required)
View Item |