Peningkatan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Trucuk dengan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II di SMP Negeri 1 Trucuk Tahun Ajaran 2012 / 2013 )

Ardiansyah, Rizki and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Trucuk dengan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II di SMP Negeri 1 Trucuk Tahun Ajaran 2012 / 2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (994kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar matematika pada pokok bahasan sudut dengan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi menggunakan Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Negeri I Trucuk yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII SMP Negeri I Trucuk. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajar, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator indikator minat belajar, yaitu: (1) minat siswa dalam menyiapkan buku pelajaran meningkat dari 13,15% menjadi 77,14%, (2) minat siswa dalam mengerjakan tugas meningkat dari 10,52% menjadi 71,42% (3) minat siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 19,57% menjadi 68,57% (4) minat siswa memperhatikan pelajaran meningkat dari 15,79% menjadi 80%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi menggunakan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri I Trucuk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, media berbasis TIK, macromedia flash8
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2013 06:07
Last Modified: 02 Nov 2021 22:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25190

Actions (login required)

View Item View Item