Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Dengan Menggunakan Media Realia Pada Anak Kelompok B Di RA IRMAS Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Mursyida, Amalia and , Aryati Prasetyarini, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Dengan Menggunakan Media Realia Pada Anak Kelompok B Di RA IRMAS Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (720kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak dengan menggunakan media realia di Kelompok B RA IRMAS Gayam Sukoharjo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek tindakan penelitian ini adalah kelompok B RA IRMAS Gayam yang berjumlah 16 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi partisipan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 3 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis dengan teknik komparatif dan interaktif yang membandingkan hasil yang dicapai anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kecerdasan logika matematika anak dengan menggunakan media realia pada setiap siklusnya. Kecerdasan anak meningkat dari prasiklus 41,75% menjadi 52,93% pada siklus I. Pada siklus II kecerdasan menjadi 72,56%. Pada siklus III kecerdasan meningkat menjadi 85,81%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui media realia dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan, logika matematika, media realia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 08:05
Last Modified: 25 Oct 2021 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item View Item