Budiana, Nur Chalistiani and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2015) Materi Kesantunan Berbahasa Pada Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013 Serta Dampaknya Pada Kesantunan Berbahasa Siswa Di SMK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (121kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (477kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
Abstract
Tujuan penelitian menjelaskan materi kesantunan berbahasa pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 serta dampaknya pada kesantunan berbahasa siswa di SMK. Penelitian kualitatif. Objek penelitian berupa materi kesantunan pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 serta dampaknya pada kesantunan berbahasa siswa di SMK. Teknik pengumpulan data dalam peneitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada materi kesantunan berbahasa kurikulum 2006 ini diperoleh 31 hasil. Masing-masing 5 hasil kesantunan berbahasa dan 26 hasil yang tidak santun. Dikatakan tidak santun dikarenakan terdapat adanya penyimpangan atau pelanggaran dalam pemakaian prinsip kesantunan berbahasa (dikemukakan oleh Leech) yang menjadi dasar dalam penelitian. Hasil tersebut terdiri dari (a). Kalimat yang baik dan komunikatif ada 9 hasil. (b). Kalimat yang komunikatif, tetapi tidak cermat ada 10 hasil. (c). Kalimat yang cermat tetapi tidak komunikatif ada 2 hasil. (d). Menggunakan kalimat efektif dan santun ada 10 hasil. Hasil penelitian yang dilakukan pada materi kesantunan berbahasa kurikulum 2013 ini diperoleh 9 hasil. Penyimpangan atau pelanggaran prinsip maksim kesantunan berbahasa sebagai berikut. (a). Penyimpangan maksim penghargaan ada 6 hasil. (b) penyimpangan maksim kesederhanaan ada 1 hasil. (c) penyimpangan maksim pemufakatan ada 12 hasil.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesantunan berbahasa, materi ajar, dampak kesantunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Nurchalistiani Budiana |
Date Deposited: | 21 Oct 2015 08:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37986 |
Actions (login required)
View Item |