Materi Kesantunan Berbahasa Pada Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013 Serta Dampaknya Pada Kesantunan Berbahasa Siswa Di SMK

Budiana, Nur Chalistiani and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2015) Materi Kesantunan Berbahasa Pada Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013 Serta Dampaknya Pada Kesantunan Berbahasa Siswa Di SMK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (477kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)

Abstract

Tujuan penelitian menjelaskan materi kesantunan berbahasa pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 serta dampaknya pada kesantunan berbahasa siswa di SMK. Penelitian kualitatif. Objek penelitian berupa materi kesantunan pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 serta dampaknya pada kesantunan berbahasa siswa di SMK. Teknik pengumpulan data dalam peneitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada materi kesantunan berbahasa kurikulum 2006 ini diperoleh 31 hasil. Masing-masing 5 hasil kesantunan berbahasa dan 26 hasil yang tidak santun. Dikatakan tidak santun dikarenakan terdapat adanya penyimpangan atau pelanggaran dalam pemakaian prinsip kesantunan berbahasa (dikemukakan oleh Leech) yang menjadi dasar dalam penelitian. Hasil tersebut terdiri dari (a). Kalimat yang baik dan komunikatif ada 9 hasil. (b). Kalimat yang komunikatif, tetapi tidak cermat ada 10 hasil. (c). Kalimat yang cermat tetapi tidak komunikatif ada 2 hasil. (d). Menggunakan kalimat efektif dan santun ada 10 hasil. Hasil penelitian yang dilakukan pada materi kesantunan berbahasa kurikulum 2013 ini diperoleh 9 hasil. Penyimpangan atau pelanggaran prinsip maksim kesantunan berbahasa sebagai berikut. (a). Penyimpangan maksim penghargaan ada 6 hasil. (b) penyimpangan maksim kesederhanaan ada 1 hasil. (c) penyimpangan maksim pemufakatan ada 12 hasil.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, materi ajar, dampak kesantunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Nurchalistiani Budiana
Date Deposited: 21 Oct 2015 08:02
Last Modified: 12 Oct 2021 03:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37986

Actions (login required)

View Item View Item