Sari, Mustika Kurnia and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran College Ball untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Matematika (PTK pada Kelas VIII B Semester Genap SMP Islam Sultan Fattah Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (878kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (264kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (261kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (468kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran College Ball pada siswa kelas VIIIB semester genap SMP Islam Sultan Fattah Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan, guru matematika bertindak sebagai subyek pemberi tindakan dan peneliti bertindak sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerja sama dan hasil belajar matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan indikator – indikator kerja sama: 1) tanggung jawab secara bersama – sama menyelesaikan pekerjaan dari 15,4% menjadi 53,8%, 2) saling berkontribusi dari 15,4% menjadi 46,2%, 3) pengerahan kemampuan secara maksimal dari 23,1% menjadi 57,7%. Peningkatan indikator hasil belajar: ketuntasan nilai siswa dilihat dari KKM yang telah ditentukan (KKM = 6,4) dari 12,45% menjadi 53,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran College Ball dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | college ball, hasil belajar, kerja sama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 14:34 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30530 |
Actions (login required)
View Item |