Suryaningtyas, Apriyani and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Siswa melalui Strategi Pembelajaran Accelerated Learning Berbasis Power Point bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (902kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (773kB) |
Abstract
Tujuan peneletian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 2 Ngemplak dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran ACCELERATED LEARNING BERBASIS POWER POINT. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP N 2 Ngemplak berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Accelerated Learning berbasis Power Point dapat meningkatkan kemampuan aktivitas belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator aktivitas siswa meliputi 1)Kemampuan siswa bertanya dan menanggapi pertanyaan dari siswa lain ada 13 siswa (36,11%) setelah tindakan putaran II ada 24 menjadi (66,67%). 2) Antusiasme siswa dalam proses pembelajaran matematika ada 8 siswa (22,22%) setelah tindakan putaran II ada 19 menjadi (52,78%). 3) Dalam kegiatan berkelompok, siswa yang mampu terlibat secara aktif dan menanggapi ada 15 siswa (41,67%) setelah tindakan putaran II ada 29 menjadi (80,56%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Accelerated Learning berbasis Power Point dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | accelerated learning; aktivitas belajar; power point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 12:57 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 20:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30520 |
Actions (login required)
View Item |