Purnamasari, Wahyu and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 ( Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Baturetno, Wonogiri ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (277kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika dan kendala - kendala yang dialami guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA N 1 Baturetno. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, angket wakil kepala sekolah, angket guru, angket siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk sekolah di SMA N 1 Baturetno sudah berjalan dengan baik menurut Kepala Sekolah. Hal ini dilihat dari hasil angket untuk Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum yang memperoleh skor 43 dari skor maksimal 44 atau sebesar 97,73 % yang berarti pelaksanaan sudah berjalan dengan sangat baik. Sedangkan pelaksanaan Kurikulum2013 tentang penilaian dalam mata pelajaran matematika di SMA N 1 Baturetno masih ada kendala. Kendala yang sangat dirasakan adalah banyaknya aspek yang harus dinilai baik aspek kognitif,afektif maupun psikomotor dan keanekaragaman peserta didik. Berdasarkan hasil angket pelaksanaan standar penilaian yang disebarkan untuk guru dan peserta didik, diperoleh skor 61 dari skor maksimal 72 atau sebesar 84,72% untuk guru, sedangkan untuk peserta didik diperoleh skor 39,6 dari skor maksimal 44 atau sebesar 90%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk pelajaran matematika di SMA N 1 Baturetno sudah berjalan dengan baik. Untuk standar penilaian yang masih jarang dilakukan oleh guru matematika adalah mendokumentasikan hasil penilaian, perencanaan dan pemilihan teknik penilaian saat menyusun RPP, menginformasikan silabus kepada peserta didik, dan pemberitahuan tentang prosedur dan pengambilan keputusan kepada peserta didik. Jadi, berdasarkan hasil angket dan wawancara penilaian di SMA N 1 Baturetno sudah berjalan dengan cukup baik meskipun ada kekurangan dalam RPP dan Sistem Penilaiannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Pembelajaran, Hambatan guru, Kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 12:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 05:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30087 |
Actions (login required)
View Item |