Penerapan Strategi Hypno Teaching Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Mustianah, Ade (2012) Penerapan Strategi Hypno Teaching Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi_-_Ade_Mustianah.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru ekonomi. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kela VIIF yang berjumlah 28 siswa. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, eksperimen, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Hypno Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari siklus I bahwa keaktifan siswa diperoleh sebesar 58,9% dan prestasi belajar ekonomi yang mencapai KKM 71,5% dengan nilai rata – rata 65,71. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 75,5%% dan prestasi belajar juga meningkat, yang mencapai KKM sebanyak 85,7% dengan nilai rata-rata 76,9. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Hypno Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIIF SMP Al Islam 1 Surakarte Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 70% dan dapat dietrima kebenarannya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Hypno Teaching, Keaktifan siswa, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 27 Jul 2012 05:07
Last Modified: 27 Jul 2012 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19333

Actions (login required)

View Item View Item