Mustianah, Ade (2012) Penerapan Strategi Hypno Teaching Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (361kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi_-_Ade_Mustianah.pdf Download (308kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru ekonomi. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kela VIIF yang berjumlah 28 siswa. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, eksperimen, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Hypno Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari siklus I bahwa keaktifan siswa diperoleh sebesar 58,9% dan prestasi belajar ekonomi yang mencapai KKM 71,5% dengan nilai rata – rata 65,71. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 75,5%% dan prestasi belajar juga meningkat, yang mencapai KKM sebanyak 85,7% dengan nilai rata-rata 76,9. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Hypno Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIIF SMP Al Islam 1 Surakarte Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 70% dan dapat dietrima kebenarannya
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Hypno Teaching, Keaktifan siswa, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Jul 2012 05:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2012 05:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19333 |
Actions (login required)
View Item |