Irmawati, Rizky (2011) Implementasi Strategi Collaborative Learning Berbantukan LKS Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Cepu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (162kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa: (1) pengaruh strategi pembelajaran Collaborative Learning berbantukan LKS terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Cepu yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 39 siswa sebagai kelas Eksperimen dan 40 siswa sebagai kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program Excel untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk a = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi collaborative Learning berbantukan LKS terhadap hasil belajar matematika (2) ada pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika dilihat dari motivasi belajar siswa (3) tidak ada efek interaksi yang signifikan antara penggunaan strategi Collaborative Learning berbantukan LKS dan strategi konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Learning berbantukan LKS , konvensional, motivasi belajar siswa, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 21 Feb 2012 06:28 |
Last Modified: | 21 Feb 2012 06:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16969 |
Actions (login required)
View Item |