Implementasi Strategi Collaborative Learning Berbantukan LKS Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Cepu Tahun Ajaran 2010/2011)

Irmawati, Rizky (2011) Implementasi Strategi Collaborative Learning Berbantukan LKS Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Cepu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa: (1) pengaruh strategi pembelajaran Collaborative Learning berbantukan LKS terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Cepu yang berjumlah 280 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 39 siswa sebagai kelas Eksperimen dan 40 siswa sebagai kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program Excel untuk uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk a = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi collaborative Learning berbantukan LKS terhadap hasil belajar matematika (2) ada pengaruh yang signifikan hasil belajar matematika dilihat dari motivasi belajar siswa (3) tidak ada efek interaksi yang signifikan antara penggunaan strategi Collaborative Learning berbantukan LKS dan strategi konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Learning berbantukan LKS , konvensional, motivasi belajar siswa, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 21 Feb 2012 06:28
Last Modified: 21 Feb 2012 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16969

Actions (login required)

View Item View Item