Budiwidyastari, Anjas and , Dr. Wafrotur Rohmah, SE., M.M. (2020) Pemanfaatan Akses Internet Sebagai Sumber Belajar Digital Dalam Mengembangkan Materi Ajar Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Di SMK Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (986kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (204kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1.) Mendekskripsikan pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar digital dalam mengembangkan materi ajar pada mata pelajaran administrasi perpajakan (2.) Mendekskripsikan pembaharuan sumber belajar pada mata pelajaran administrasi perpajakan dengan pemanfaatan akses internet. (3.) Mendekskripsikan keefektifan sumber belajar yang dikembangkan dengan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar digital di SMK Batik 2 Surakarta cukup penting bagi sekolah ini seusai dengan penggunaannya hal ini terlihat dari adanya pemasangan wifi yang dipasang dibeberapa titik disekolah. Penggunaan internet mempermudah proses pencarian materi ajar maupun materi yang diperlukan. Fasilitas pendukung akses internet dalam kegiatan belajar mengajar yaitu ruang belajar dan laboratorium praktik yang telah memadai. (2) Pengembangan sumber belajar sudah dilakukan oleh sebagian guru di SMK Batik 2 Surakarta pengembangan materi dngan pemanfaatan internet baru sampai pada tahap pencarian sumber belajar digital saja seperti pencarian referensi yang lebih banyak dan pencarian materi ajar yang kurang dibuku hal ini dikarenakan faktor umur guru yang sudah tua hanya guru muda yang melakukan inovasi pembelajran menggunakan pemanfaatan internet (3) Dengan adanya pemanfaatan akses internet dalam proses pembelajaran membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, lebih mudah mengakses informasi dan meningkatkan motivasi belajar keefektifan dalam pengembangan sumber belajar dengan pemanfaatan akses internet dinilai sangat efektif karena guru sudah mengembangkan nya dengan menggunakan berbagai flatformpembelajaran online dan penyajian materi secara online. namun beberapa siswa terkadang menyalah gunakan penyediaan fasilitas internet yang ada sehingga guru harus lebih aktif dan progresif dalam memantau dan berkomunikasi dengan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inovasi materi ajar, akses internet, sumber belajar digital. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | ANJAS BUDIWIDYASTARI |
Date Deposited: | 11 May 2020 06:33 |
Last Modified: | 11 May 2020 06:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82540 |
Actions (login required)
View Item |