Kuncoro, Andrian Fajar and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2020) Kontribusi Fasilitas Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika dan Keaktifan Berorgnisasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jatipurno. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI new.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN NEW.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) untuk mengetahui kontribusi fasilitas belajar matematika, motivasi belajar matematika, dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) untuk mengetahui kontribusi fasilitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika (4) untuk mengetahui kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini 148 siswa kelas VIII SMP N 1 Jatipurno. Sampel penelitian 108 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling random. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dengan taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa : (1) terdapat kontribusi fasilitas belajar matematika, motivasi belajar matematika dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika dengan F_hitung sebesar 4,749. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,1205 atau 12,05%.(2) tidak terdapat kontribusi fasilitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika karena t_hitung < t_tabel sebesar -4,84382 < 1,9830 dengan SR%=29,935% dan SE%=3,607%.(3) terdapat kontribusi motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika dengan t_hitung sebesar 3,10509 serta memberikan SR%=30,320% dan SE%=3,653%.(4) terdapat kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika dengan t_hitung sebesar 3,80048 serta memberikan SR%=39,745% dan SE%=4,789%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fasilitas, motivasi, keaktifan berorganisasi, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ANDRIAN FAJAR KUNCORO |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 04:36 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 03:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81151 |
Actions (login required)
View Item |