Implementasi Program Sekolah Lima Hari Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Negeri Kleco II Surakarta

Nungki Ernawati, Anita and -, Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and -, Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si (2019) Implementasi Program Sekolah Lima Hari Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Negeri Kleco II Surakarta. Thesis thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB) | Request a copy
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Download (439kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (656kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mendiskripsikan bentuk kegiatan pada implementasi pogram sekolah lima hari dalam penguatan pendidikan karakter di SDN Kleco II Surakarta, cara menanamkan nilai-nilai utama, kendala-kendala yang dihadapi sekolah dan langkah-langkah yang diambil sekolah dalam mengatasi kendala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah dan guru SDN Kleco II Surakarta. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan model trianggulasisumber. Analisis data dilakukan dengan model interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk kegiatan pada implementasi Program Sekolah Lima Hari dalam penguatan karakter dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, cara penanaman nilai-nilai utama dilakukan melalui budaya sekolah seperti kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan ekosistem sekolah, kendala yang dihadapi kerena keterbatasan saranana dan prasarana serta perbedaan pola asuh antara sekolah dan orang tua, dan langkah yang diambil sekolah melalui penjadwalan dan kerja sama dengan orang tua.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, program sekolahlima hari, penguatan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: ANITA NUNGKI ERNAWATI
Date Deposited: 22 Nov 2019 04:20
Last Modified: 22 Nov 2019 04:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79285

Actions (login required)

View Item View Item