Triastono, Herlian and , Drs. Dahroni, M.Si (2018) Efektivitas Media Video pada Materi Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Banjir Kepada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi BARU.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (818kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran di dalam kelas yang kurang efektif di karenakan keterbatasan guru untuk membuat media untuk menunjang proses pembelajaran supaya lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan media video untuk pembelajaran permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulananya bagi guru dan siswa,ingin mengetahui model video yang di butuhkan siswa dalam pemahaman pembelajaran dan ingin mengetahui efektifitas untuk pembelajaran permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulananya, dengan mengembangkan materi bentuk kerusakan lingkungan hidup akibat banjir.Model pengembangan ini mengacu pada Dick and Carrey yaitu dengan melakukan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil pengembangan produk video melalui tahap validasi ahli, respon siswa dengan rata-rata 56,957 yang di kategorikan sangat baik, respon guru dengan rata-rata 52,4 yang di kategorikan baik, hasil penelitian dan pengembangan video, nilai rata-rata kelas eksperimen yang mulanya 56,957 setelah menggunakan produk menjadi 76,525 sedangkang kelas kontrol 52,4 menjadi 57,86. Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan produk video dan kelas kontrol tanpa perlakuan produk yang di katakan efektif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video, Hasil belajar siswa |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | HERLIAN TRIASTONO |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 07:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69275 |
Actions (login required)
View Item |