Efektivitas Media Video pada Materi Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Banjir Kepada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak

Triastono, Herlian and , Drs. Dahroni, M.Si (2018) Efektivitas Media Video pada Materi Bentuk Kerusakan Lingkungan Hidup Akibat Banjir Kepada Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Artikel Publikasi BARU.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (818kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran di dalam kelas yang kurang efektif di karenakan keterbatasan guru untuk membuat media untuk menunjang proses pembelajaran supaya lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan media video untuk pembelajaran permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulananya bagi guru dan siswa,ingin mengetahui model video yang di butuhkan siswa dalam pemahaman pembelajaran dan ingin mengetahui efektifitas untuk pembelajaran permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulananya, dengan mengembangkan materi bentuk kerusakan lingkungan hidup akibat banjir.Model pengembangan ini mengacu pada Dick and Carrey yaitu dengan melakukan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil pengembangan produk video melalui tahap validasi ahli, respon siswa dengan rata-rata 56,957 yang di kategorikan sangat baik, respon guru dengan rata-rata 52,4 yang di kategorikan baik, hasil penelitian dan pengembangan video, nilai rata-rata kelas eksperimen yang mulanya 56,957 setelah menggunakan produk menjadi 76,525 sedangkang kelas kontrol 52,4 menjadi 57,86. Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan produk video dan kelas kontrol tanpa perlakuan produk yang di katakan efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video, Hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: HERLIAN TRIASTONO
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:45
Last Modified: 16 Nov 2018 07:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69275

Actions (login required)

View Item View Item