Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Pada Siswa Kelas Ii Di MIT Al-Mabrur Tawangsari Tahun Ajaran 2014/ 2015

Alfiyah, Abi and , Drs. Ari Anshori, M.Ag and , n Drs. Najmuddin Zuhdi, M. Ag (2015) Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Pada Siswa Kelas Ii Di MIT Al-Mabrur Tawangsari Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Salah satu aspek pendidikan yang kurang mendapat perhatian adalah pendidikan membaca Al-Qur‟an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum saja dan kurang memperhatikan pendidikan agama termasuk pendidikan membaca Al-Qur‟an. Sebagai langkah awal adalah meletakkan dasar agama yang kuat pada anak sebagai persiapan untuk mengarungi hidup dan kehidupannya. Penelitian ini membahas tentang: (1) Bagaimana efektivitas metode Iqro‟ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di MIT Al-Mabrur Tawangsari?, (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat efektivitas metode Iqro‟ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an di MIT Al-Mabrur Tawangsari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas metode Iqro‟ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan metode Iqro‟ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an di MIT Al-Mabrur Tawangsari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data dari pimpinan MIT Al-Mabrur Tawangsari,dokumen data. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran Iqro‟ yang dilaksanakan di MIT Al-Mabrur Tawangsari efektif, ditunjukkan dengan tercapainya indikator-indikator berikut ini: a.Guru menguasai materi dan menyampaikan materi pembelajarandengan baik, b.Siswa mengikuti dan memahami pembelajarandengan baik, c. Nilai siswa baik dan prestasinya memuaskan, (2) Faktor pendukung dalam metode Iqro‟ yaitu : a. siswa yang akan mengikuti pelajaran membaca dan menulis huruf al-Qur‟an. Dengan adanya siswa dalam kegiatan belajar mengajar akan berjalan dengan baik, b. Guru sebagai penggunaan penerapan metode agar dapat berhasil dengan baik,c. Alokasi waktu yang digunakan dalam kegiatan ini ditentukan jadwal agar dalam penggunaan waktu yang sangat singkat ini akan terlaksana seefektif mungkin.Selain faktor pendukung, adapula faktor yang menghambat jalannya metode pembelajaran Qira‟ati, yaitu: a.Keadaan siswa serta latar belakang yang bermacam-macam mempengaruhi proses belajar mengajar, b.Guru yang dituntut untuk meningkatkan kualitas kemampuannya yaitu menguasai ilmu pengetahuan, terampil dalam mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Iqro‟, Baca Tulis Al-Qur‟an.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Dec 2015 08:56
Last Modified: 09 Oct 2021 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39792

Actions (login required)

View Item View Item