Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2014/2015

Nurjanah, SIiti and , Drs. Bambang Rahardjo, M.Ag and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag (2015) Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Selogiri Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
1. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (652kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (776kB)
[img] PDF (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (BAB VI)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

Dalam Standar Nasional Pendidikan penjelasan pasal 28 ayat (3) butir c dikemukakan bahwa yang dimaksud dengan kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidik. Menurut pengamatan penulis di SMP Negeri 1 Selogiri dan berdasarkan kriteria profesional guru dalamPeraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru, sebenarnya guru PAI di SMP Negeri 1 Selogiri sudah memenuhi standar. Namun guru PAI di SMP Negeri 1 Selogiri harus tetap meningkatkan kompetensi profesionalnya. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan tentang upaya apa saja yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMP Negeri 1 Selogiri dan bagaimana kompetensi profesional guru PAI di SMP Negeri 1 Selogiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI dan untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAI di SMP Negeri 1 Selogiri. Adapun jenis penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu mengumpulkan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMP Negeri 1 Selogiri yaitu peningkatan kemampuan kompetensi profesional guru, supervisi klinik, peningkatan motivasi kerja, dan pembinaan kinerja guru. Sedangkan kompetensi profesional guru PAI di SMP Negeri 1 Selogiri yaitumenguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000110036
Date Deposited: 01 Dec 2015 03:21
Last Modified: 09 Oct 2021 02:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39710

Actions (login required)

View Item View Item