Kompetensi Guru Pendidikan Fiqih Dalam Memotivasi Siswa Untuk Meningkatkan Amalan Ibadah Shalat Fardhu (Studi Empiris Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014 / 2015)

Irawan, Ratna and , Drs. Bambang Raharjo, M.Ag. and , Dr. Imron Rosyadi M.Ag (2015) Kompetensi Guru Pendidikan Fiqih Dalam Memotivasi Siswa Untuk Meningkatkan Amalan Ibadah Shalat Fardhu (Studi Empiris Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014 / 2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (646kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kompetensi guru sangat berpengaruh terhadap keberasilan pembelajaran, guru dituntut untuk berfikir kreatif untuk selalu menciptakan metode pembelajaran yang efektif terutama dalam ibadah shalat fardhu. Di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta guru dapat memantau anak secara langsung pada saat shalat dzuhur, di luar sekolah guru tidak bisa secara langsung memantau anak melaksanakan shalat fardhu. siswa membutuhkan motivasi belajar agar mampu dan berhasil mencapai prestasi belajar yang diharapkan serta peran guru dalam memotivasi siswa dituntut memenuhi kompetensi. Yang menjadi permasalahan peneliti adalah bagaimana kompetensi guru dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan amalan ibadah shalat fardu dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru untuk meningkatkan amalan ibadah shalat fardhu? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Fiqih dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan amalan ibadah shalat fardhu di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. 2) Untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan guru Pendidikan Fiqih dalam memotivasi siswa meningkatkan amalan ibadah shalat fardhu di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan sedangkan sifat penelitian ini bersifat kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis yang dipakai adalah analisis data interaktif. Hasil penelitian membuktikan bahwa guru di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta sudah mencakup semua kompetensi yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Fiqih dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan amalan ibadah shalat fardhu di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta sudah cukup baik. Di dalam maupun di luar kelas, guru Pendidikan Fiqih juga memberikan pengarahan kepada siswa-siswi yaitu memberikan teladan, pujian, hadiah, dorongan dan membantu permasalahan siswa terutama dalam shalat fardhu. Dalam semua ituberpengaruh terhadap ibadah shalat fardhu siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru, Motivasi dan Peningkatan Amalan Shalat Fardhu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Unnamed user with username g000090165
Date Deposited: 07 Nov 2015 04:26
Last Modified: 08 Oct 2021 13:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39303

Actions (login required)

View Item View Item