Peran Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN Purwodadi Tahun Pelajaran 2014-2015

Vatima, Vini and , Dr. H. Badaruddin, M.Ag and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag (2015) Peran Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN Purwodadi Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

This is the latest version of this item.

[img] PDF (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (294kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (935kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)

Abstract

Kepala Madrasah sebagai manajer sudah saatnya mengoptimalkan mutu kegiatan pembelajaran untuk memenuhi harapan masyarakat. Kunci utama keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan manajemen kepala Madrasah yang baik, sehingga hasil pendidikan atau interaksi proses belajar mengajar akan mengalami peningkatan yang lebih maju. Namun kepala Madrasah di MAN Purwodadi belum melakukan supervisi secara optimal dan hanya sekedar memantau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah di MAN Purwodadi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, didukung data dari guru, karyawan di MAN Purwodadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Purwodadi kepala Madrasah mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai Emaslime: educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator, entrepreneur. Edukator berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh para guru. Manajer mengimplementasikan kegiatan atau pelaksanaan fungsi-fungsi manajerial, mulai dari perencanaan, pembinaan, pengembangan, hingga evaluasi terhadap seluruh bidang garapan lembaga madrasah yang bersangkutan. Administrator mampu meningkatkan tugas-tugas administrasi madrasah. Supervisor sebatas memantau proses pembelajaran. Leader menunjukan sikap sebagai seorang pemimpin yang demokratis, yaitu dalam mengambil keputusan, selalu didasarkan pada hasil musyawarah dengan semua komponen dan dapat mendengarkan suara-suara dari bawah. Inovator berupaya menemukan sesuatu yang baru misalnya bekerja sama dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan teladan kepada tenaga pendidik dan mengembangkan model-model pembelajaran yang inovatif. Motivator selalu berusaha memberikan motivasi baik berupa fisik maupun psikis. Akhirnya entepreneur berusaha mengembangkan organisasi ke arah yang lebih inovatif melalui peningkatan kreativitas, kepercayaan dan kerjasamanya dengan masyarakat serta memanfaatkan peluang untuk mencapai kesuksesan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, peran, mutu pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 29 Oct 2015 08:48
Last Modified: 08 Oct 2021 13:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38551

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item