Implementasi Kurikulum 2013 Tentang Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/201

Wahyudi, Imam and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd and , Dr. Ari Anshori, M.Ag (2015) Implementasi Kurikulum 2013 Tentang Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/201. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (463kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (757kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pendidikan karakter, dan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan etnografi. Metode dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu; sumber primer dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru; dan sumber data sekunder dari dokumen dan rekaman. Teknik analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter sudah baik, dilihat dari: 1) peran guru dalam perencanaannya yaitu melakukan pengamatan terlebih dahulu karakteristik siswa, kemudian menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalam kompetensi inti dan dasar pada setiap mata pelajaran. 2) Peran guru dalam pelaksanaannya, terdiri dari; a) Kegiatan pendahuluan. Datang tepat waktu, memberi salam, mengajak berdo’a, mengabsen siswa, dan bertanya terkait materi yang akan dipelajari untuk menanamkan sikap religius, peduli disiplin, rajin, dan berfikir kritis; b) Kegiatan inti, guru sebagai mediator, fasilitator, komunikator, desiminator, komunikator, Supervisor, dan motivator berperan penuh ketika siswa melakukan kegiatan mengamati materi yang disajikan, menanya berbagai permasalahan kepada sesama teman, mencoba mencari sendiri materi yang terkait dengan materi yang dipelajari, mengasosiasi atau menganalisis permasalahan dan mengkomunikasikan hasil pembelajaran kepada temannya untuk menanamkan sikap; kreatif, kerjasama, teliti, kerja keras, rasa ingin tahu, percaya diri, kritis, santun, cinta ilmu, toleran, mandiri, berfikir logis, saling menghargai, dan santun; c) Kegiatan penutup. Guru sebagai pelatih, evaluator, pembimbing dan pendidik bersama siswa membuat rangkuman, kemudian siswa menilai dirinya sendiri, temanya dan guru ketika mengajar, kemudian guru memberikan umpan balik hasil pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut, berdo’a bersama dan menutup dengan salam. Kegiatan ini dilakukan utuk menanamkan sikap mandiri, kerjasama, kritis, jujur logis, saling menghargai, percaya diri, santun dan religius. 3) Peran guru dalam evaluasinya secara spontan melakukan penilaian melalui pengamatan kepada siswa ketika pembelajaran berlangsung. 4) Implementasi kurikulum 13 pada pendidikan karakter, meliputi: perencanaannya diterapkan pada semua mata pelajaran, pelaksanaannya diterapkan pada kegiatan intra kulikuler dengan pendekatan scentific learning, dan kegiatan ekstra kulikuler; evaluasinya dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung ketika belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013. Peran Guru. Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Oct 2015 06:23
Last Modified: 12 Oct 2021 03:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38259

Actions (login required)

View Item View Item