Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an ( Surat Al-Baqarah Ayat 132-133, Surat Maryam Ayat 27-33, Dan Surat Yusuf Ayat 4-8 )

Hawae, Miss Nipatmawati and , Drs. Mohammad Yusron, M.Ag and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2015) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an ( Surat Al-Baqarah Ayat 132-133, Surat Maryam Ayat 27-33, Dan Surat Yusuf Ayat 4-8 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (653kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan bimbingan jasmani dan rohani terbentuk kepribadian utama menurut ukuran Islam. Pengetahuan terhadap pendidikan Islam dapat dari berbagai sumber salah satu adalah Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi semua umat Islam dan ayat Al-Qur’an itu mencakup semua ajaran Islam baik Aqidah, Ibadah, Akhlak dan lain-lainnya. Perumusan masalahnya adalah sebagai berikut: Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam Al-Qur’an (surat Al-Baqarah ayat 132-133, surat Maryam ayat 27-33, dan surat Yusuf ayat 4-8). Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an (surat Al-Baqarah ayat 132-133, surat Maryam ayat 27-33, dan surat Yusuf ayat 4-8). Adapun manfaat dari penelitian adalah, secara teoritik diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pendidikan Islam dan dapat memperluas khasanah ilmu dalam karya ilmiah terutama dalam bentuk analisis ayat Al-Qur’an, dan secara praktis diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penulis dan pembaca dalam pengajaran terutama memahami makna atau nikmah yang ada dalam Al-Qur’an dan dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca untuk penelitian yang lebih lanjut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan cara digolongkan, diarahkan dan dibuang yang tidak perlu selanjutnya dilaksanakan penyajian kesimpulan, metode induktif yaitu bersifat khusus ke umum, metode deduktif yaitu bersifat umum ke khusus, dan metode penafsiran yaitu metode yang digunakan dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa : nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an (surat Al-Baqarah ayat 132-133, surat Maryam ayat 27-33, dan surat Yusuf ayat 4-8) adalah sebagai berikut : (1) Nilai pendidikan aqidah yaitu nilai iman kepada Allah terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 132 dan 133, nilai kekuasaan Allah yang terdapat pada surat Maryam ayat 30 dan surat Yusuf ayat 6. (2) Nilai pendidikan Akhlak yaitu nilai pendidikan akhlak terpuji dan tercela yang terdapat pada surat Maryam ayat 27 dan 28, nilai pendidikan berbakti kepada orang tua dan tidak sombong yang terdapat pada surat Maryam ayat 32, nilai merahasiakan dan menjauhi dengki yang terdapat pada surat Yusuf ayat 4 dan 5, dan nilai keadilan yang terdapat pada surat Yusuf ayat 7dan 8. (3) Nilai pendidikan Ibadah yaitu nilai pendidikan bernadzar yang terdapat pada surat Maryam ayat 29, nilai pendidikan shalat dan zakat yang terdapat pada surat Maryam ayat 31, dan nilai pendidikan do’a yang terdapat pada surat Maryam ayat 33.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Surat Al-Baqarah ayat 132-133, Surat Maryam ayat 27-33, Surat Yusuf ayat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Oct 2015 02:11
Last Modified: 07 Oct 2021 14:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38218

Actions (login required)

View Item View Item