Pranata, Jefri Ruby and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si. (2015) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER SEMANGAT KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR (Studi Kasus Semua Guru Selain Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Colomadu, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi edit.pdf Download (387kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (123kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Naskah Publikasi)
Surat Pernyataan Naskah Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
Abstract
Jefri Ruby Pranata A220110086. Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air (Studi Kasus Semua Guru Selain Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Colomadu, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli, 2015. Pengaruh negatif globalisasi menjadikan seseorang kehilangan karakter positif dirinya, salah satu karakter yang terkikis tersebut adalah semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Penanaman karakter tersebut haruslah dilakukan sejak dini, salah satu caranya melalui lembaga pendidikan. guru merupakan pihak yang berperan penting dalam penanaman karakter pada peserta didik, termasuk karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai peran semua guru selain guru PPKn dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran, kendala, dan solusi dalam mengatasi kendala guru dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa guru-guru selain guru PPKn menanamkan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air melaluilatihan upacara, pelaksanaan upacara hari Senin dan hari besar nasional, penghormatan kepada bendera Merah Putih sebelum jam pelajaran pertama, bekerjasama dengan teman sekelas tanpa membeda-bedakan suku, etnis, status sosial-ekonomi, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, memajang foto pahlawan, peta Indonesia, baju dan rumah adat di kelas, dan memperdengarkan lagu nasional setiap pagi dan jam istirahat serta menyanyikan lagu kebangsaan sebelum jam pelajaran pertama. Kendala yang dihadapi oleh guru adalah kurangnya partisipasi guru dalam melatihsiswa upacara, keseriusan, kesungguhan, dan sikap hikmat siswa dalam menjalankan instruksi guru dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Solusi yang digunakan guru untuk menghadapi kendala tersebut adalah memberikan kelonggaran kepada guru untuk ikut serta dalam melatih siswa upacara, memberikan motivasi, serta memberikan peringatan sampai hukuman kepada siswa yang melanggar instruksi guru. Jadi, dap[at disimpulkan bahwa semua guru selain guru PPKn berperan dalam menanamkan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Karakter, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | a220110086 |
Date Deposited: | 04 Jan 2016 03:18 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36490 |
Actions (login required)
View Item |