Penggunaan Metode Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah (Studi Kasus Di MAN 2 Ponorogo Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015)

Karimah, Ubaidah Rahmatul and , Drs. M, Najmudin Zuhdi, M.Ag and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag (2015) Penggunaan Metode Pembelajaran Active Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah (Studi Kasus Di MAN 2 Ponorogo Kelas X Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH ARTIKEL PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (644kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMANDEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Mata pelajaran agama Islam adalah mata pelajaran yang bertujuan untuk memberikan pemahaman ajaran-ajaran Islam kepada peserta didik dan membentuk budi pekerti yang baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada hal yang harus terpenuhi, yaitu penggunaan metode yang bervariasi dan menyesuaikan materi. Metode merupakan salah satu faktor dalam pendidikan yang tidak kalah penting berperan dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar. Tanpa metode suatu materi pelajaran tidak akan berjalan efisien dan efektif. Metode pembelajaran yang tidak tepat guna akan menghambat proses belajar mengajar sehingga banyak waktu dan tenaga yang terbuang sia-sia. Masalah yang ada di lapangan masih banyak guru PAI yang hanya menekankan pada metode ceramah dalam pembelajaran. Padahal dengan luasnya materi pembelajaran PAI yang harus disampaikan, seorang guru PAI tidak dapat menyampaikan materi pembelajaran hanya dengan penggunaan metode ceramah. Masalah yang dikaji pada skripsi ini adalah bagaimana penggunaan metode pembelajaran active learning pada mata pelajaran aqidah di MAN 2 Ponorogo kelas X. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan metode pembelajaran active learning pada mata pelajaran aqidah dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode pembelajaran active learningdi MAN 2 Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah induktif. Penelitian menyimpulkan bahwa, metode pembelajaran active learning yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran aqidah kelas X di MAN 2 Ponorogo sesuai dengan teori pada bab II, mempunyai manfaat mempermudah pemahaman peserta didik pada materi yang disampaikan guru, dan mendukung keberhasilan guru dalam penyampaian materi. Metode pembelajaran aktif yang digunakan antara lain, metode debat, metode information search, metode inquiring minds what to know, metode diskusi, dan metode reconnecting. Hambatan dalam menerapkan metode active learning yaitu terbatasnya waktu pada mata pelajaran aqidah, karena hanya 2 jam dalam satu pekan sehingga kurang maksimal dalam penerapan metode active learning. Untuk menyikapi ini guru mata pelajaran aqidah benar-benar memperhatikan dan memilih metode yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan memfokuskan pada materi yang pokok.Ada beberapa peserta didik yang kurang aktif saat pembelajaran, untuk menyikapi ini guru menegur langsung dengan memberikan pertanyaan secara spontan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Active Learning, dan Mata pelajaran Aqidah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ubaidah Rahmatul Karimah
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:23
Last Modified: 06 Oct 2021 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35528

Actions (login required)

View Item View Item