Media Relations Humas Pemerintahan Kota Surakarta Dalam Mempertahankan Citra Positif Pemerintah (Deskriptif Kualitatif Aktivitas Media Relations Humas Pemerintahan Kota Surakarta Pasca Transisi Jokowi Kepada Fx Rudi Hadiyatmo 2014)

, Violitasari and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2015) Media Relations Humas Pemerintahan Kota Surakarta Dalam Mempertahankan Citra Positif Pemerintah (Deskriptif Kualitatif Aktivitas Media Relations Humas Pemerintahan Kota Surakarta Pasca Transisi Jokowi Kepada Fx Rudi Hadiyatmo 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf

Download (662kB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (PERNYATAAN KARYA PUBLIKASI ILMIAH)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)

Abstract

Salah satu keunggulan media massa adalah dapat menjangkau masyarakat secara luas. Melalui pemberitaannya, media massa mampu mendorong masyarakat untuk membentuk sebuah citra positif atau negatif terhadap seseorang, lembaga dan perusahaan. Sehingga banyak praktisi humas yang menjalin hubungan baik dengan media massa sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan publiknya.Pada kepemimpinan Jokowi, Kota Surakartabanyak mengalami perubahan. Dengan program kerja yang berkualitas, kota Surakarta pun mendapatkan banyak penghargaan. Kota Surakarta semakin dikenal oleh masyarakat luas. Tentunya hal ini tidak lepas dengan peranan humas sebagai gerbang informasi pemerintahan kota Surakarta yang terbuka dan berbagi informasi kepada media massa. Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui aktivitasMediaRelations Humas dan Protokol Pemerintahan Kota Surakarta Dalam Mempertahankan Citra Positif Pemerintahan Pasca Pergantian Kepemimpinan Jokowi kepada FX Rudi Hadiatmo Tahun 2014. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan observasi. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data pada penelitian ini adalah dengan meroduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi data/sumber. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa Humas dan Protokol Pemerintahan Kota Surakarta menjadikan media massa sebagai mitra kerja agar memperoleh publisitas yang berimbang, membentuk citra positif dan hubungan yang harmonis dengan media massa. Kegiatan media relations Humas dan Protokol Pemerintahan Kota Surakarta meliputi jumpa pers, pers rilis, wawancara pers, special event dan pers tour. Citra positif Pemerintahan Kota Surakarta semakin meningkat seiring program-program pemerintah yang berkualitas, pelayanan dan transparansi yang diberikan oleh seluruh jajaran dari Walikota sampai SKPD yang terbuka dengan publik, dan berperan aktif sebagai narasumber berita bagi rekan-rekan media

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Media Relations, Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Violitasari
Date Deposited: 10 Jul 2015 06:13
Last Modified: 13 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item