, ROCHMADI and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Pengaruh Kegemaran Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Bratan II Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (160kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (244kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (122kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
surat pernyataan naskah publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui : pengaruh kegemaran membaca terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bratan II Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif yaitu analisis data dengan mengunakan statistik dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Bratan II Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket. Angket sebelumnya diuji cobakan, diuji validitas serta diuji reablitasnya . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji t , uji f dan R2. Hasil analisis regeresi memperoleh persamaan regersi : Y = 30,935 + 0,607. Persamaan menunjukan bahwa prestasi belajar dipengearuhi oleh kegemaran membaca siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) ada pengaruh signifikan antara kegemaran membaca terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisi regresi sederhan (uji t) diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu 6,908 > 1,683 dan signifikan < 0,005 yaitu 0,000. Hal ini berdasarkan analisis varians regresi sederhana (uji f) diketahui bahwa f (hitung ) > f tabel, yaitu 47,725 > 4,09 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,550 menunjukan bahwa besarnya pengaruh kegemaran membaca terhadap prestasi belajar siswa 55%, sedangkan 45% sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegemaran, membaca, prestasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Rochmadi |
Date Deposited: | 11 Jul 2015 03:05 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 15:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34594 |
Actions (login required)
View Item |