Arina Hidayati, Isnaya and , Taufik, M.Si., Ph.D. (2014) Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan Berbahasa asing pada mahasantri pesma k.h. mas Mansyur universitas muhammadiyah surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (210kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (341kB) |
|
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
Abstract
Kecemasan berbahasa asing adalah kepercayaan, perasaan dan tingkah laku kompleks yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa. Kecemasan berbahasa asing timbul akibat faktor internal, yaitu persepsi atau konsep diri yang negatif terhadap kualitas kemampuan mereka sendiri. Konsep diri memiliki kontribusi terhadap proses belajar bahasa, khususnya ketika mengaplikasikannya dalam percakapan sehari- hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan berbahasa asing, mengetahui tingkat kecemasan berbahasa asing dan tingkat konsep diri pada mahasantri PESMA K.H. Mas Mansyur UMS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian mahasantri PESMA K. H. Mas Mansyur berjumlah 65 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis yaitu skala kecemasan berbahasa asing dan skala konsep diri, dengan metode insidental sampling. Sedangkan metode analisis data menggunakan korelasi Product Moment dari Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara konsep diri dengan kecemasan berbahasa asing. Berkoefisien korelasi sebesar (-0,343) artinya semakin rendah konsep diri maka semakin tinggi kecemasan. Variabel konsep diri memiliki sumbangan efektif sebesar 11,8% terhadap kecemasan berbahasa asing. Kategorisasi kecemasan berbahasa asing sebesar 77% dan kategorisasi konsep diri sebesar 88%, hasil tersebut menunjukkan tingkat kecemasan dan konsep diri mahasantri PESMA berkategori sedang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan berbahasa asing, konsep diri, mahasantri PESMA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Murtini Murtini Murtini |
Date Deposited: | 20 Feb 2015 08:09 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 03:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31983 |
Actions (login required)
View Item |