Subiyanto, Andika and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas 6 SDN Kayen 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (300kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
AWALAN.pdf Download (909kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (224kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 6 SDN Kayen 01 yang berjumlah 23 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data dan penyimpulan Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi motivasi belajar siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I pertemuan 1 prosentase rata-rata nilai motivasi belajar sebesar 51,9%, siklus I pertemuan 2 prosentase rata-rata nilai motivasi 66,1%, siklus II pertemuan 1 prosentase rata-rata nilai motivasi 75,3% dan siklus II pertemuan 2 sebesar 85,6% (kategori motivasi sangat tingi). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 6 SDN Kayen 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Think Pair Share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 12:55 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31711 |
Actions (login required)
View Item |