Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas 6 SDN Kayen 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015

Subiyanto, Andika and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas 6 SDN Kayen 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
AWALAN.pdf

Download (909kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 6 SDN Kayen 01 yang berjumlah 23 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data dan penyimpulan Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi motivasi belajar siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I pertemuan 1 prosentase rata-rata nilai motivasi belajar sebesar 51,9%, siklus I pertemuan 2 prosentase rata-rata nilai motivasi 66,1%, siklus II pertemuan 1 prosentase rata-rata nilai motivasi 75,3% dan siklus II pertemuan 2 sebesar 85,6% (kategori motivasi sangat tingi). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 6 SDN Kayen 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2015 12:55
Last Modified: 14 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31711

Actions (login required)

View Item View Item