Pemetaan Soal Ujian Akhir Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012

Budiarto, Taufik Catur and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Dr. Muhammad Rohmadi, M, Hum. (2014) Pemetaan Soal Ujian Akhir Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (655kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan pemetaan dan analisis soal UAN tingkat SMP/MTs mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012 terhadap standar kompetensi lulusan, (2) memaparkan validitas tiap butir soal UAN SMP/MTs mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012, (3) memaparkan reliabilitas tiap butir soal UAN SMP/MTs mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis pemetaan terhadap standar kompetensi lulusan. Sedangkan penggunaan pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas menggunakan soal UAN secara statistik untuk memperoleh hasil yang akurat. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal UAN mata pelajaran bahasa Indonesia yang berjumlah 50 butir soal. Adapun pengumpulan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis data kualitatif dan perhitungan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut: (1) hasil pemetaan menunjukkan terdapat 44 butir soal yang memiliki relevansi secara langsung dengan pencapaian standar kompetensi lulusan dan 6 butir soal yang memiliki relevansi tidak langsung dengan pencapaian standar kompetensi lulusan, (2) hasil validitas menunjukkan terdapat 19 butir soal valid dan 31 soal tidak valid, (3) hasil reliabilitas menunjukkan didapatkan total keseluruhan soal yang reliabel ada 19 butir soal dan soal yang tidak reliabel ada 31 butir soal

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemetaan butir soal, validitas, reliabilitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 15 Jan 2015 12:18
Last Modified: 14 Oct 2021 04:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31604

Actions (login required)

View Item View Item