Budiarto, Taufik Catur and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Dr. Muhammad Rohmadi, M, Hum. (2014) Pemetaan Soal Ujian Akhir Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMP/MTs Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (655kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan pemetaan dan analisis soal UAN tingkat SMP/MTs mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012 terhadap standar kompetensi lulusan, (2) memaparkan validitas tiap butir soal UAN SMP/MTs mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012, (3) memaparkan reliabilitas tiap butir soal UAN SMP/MTs mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis pemetaan terhadap standar kompetensi lulusan. Sedangkan penggunaan pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis validitas dan reliabilitas menggunakan soal UAN secara statistik untuk memperoleh hasil yang akurat. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal UAN mata pelajaran bahasa Indonesia yang berjumlah 50 butir soal. Adapun pengumpulan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis data kualitatif dan perhitungan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut: (1) hasil pemetaan menunjukkan terdapat 44 butir soal yang memiliki relevansi secara langsung dengan pencapaian standar kompetensi lulusan dan 6 butir soal yang memiliki relevansi tidak langsung dengan pencapaian standar kompetensi lulusan, (2) hasil validitas menunjukkan terdapat 19 butir soal valid dan 31 soal tidak valid, (3) hasil reliabilitas menunjukkan didapatkan total keseluruhan soal yang reliabel ada 19 butir soal dan soal yang tidak reliabel ada 31 butir soal
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemetaan butir soal, validitas, reliabilitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 12:18 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31604 |
Actions (login required)
View Item |