Anshori, Muhammad Isa and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament(Tgt)( PTK pada Siswa Kelas VII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Semester Genap, Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (216kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (387kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens siswa kelas VII A SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan fungsinya dengan desain penelitian tindakan kelas, sumber data guru dan siswa. Siswa kelas VII A sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 30 siswa dan guru matematika sebagai subyek pemberi tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Keberanian siswa bertanya tentang materi yang belum dipahami sebelum tindakan ada 5 siswa (16,67%), setelah tindakan menjadi 21 siswa (70,00%); (2) Keberanian siswa mengungkapkan pendapat sebelum tindakan ada 7 siswa (23,33%), setelah tindakan menjadi 16 siswa (73,33%); (3) Siswa memperhatikan guru pada saat kegiatan belajar mengajar sebelum tindakan ada 10 siswa (33,33%), setelah tindakan menjadi 25 siswa (83,33%); Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Kooperatif TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, Team Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 12:16 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 05:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30090 |
Actions (login required)
View Item |