Fitriastuti, Wahyu and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) PENINGKATAN SIKAP KERJA KERAS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI COURSE REVIEW HORAY(PTK Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (733kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (491kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja keras dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Course Review Horay pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B berjumlah 32 siswa sebagai subyek penerima tindakan, guru matematika bertindak sebagai subyek pemberi tindakan dan peneliti bertindak sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap kerja keras dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan indikator-indikator sikap kerja keras: 1) menyelesaikan semua tugas dengan baik dan tepat waktu dari 12,5% menjadi 65,625%, 2) tidak putus asa dalam menghadapi masalah dari 12,5% menjadi 50%, 3) aktif mengajukan pendapat saat pembelajaran dari 15,625% menjadi 65,625%. Peningkatan indikator-indikator sikap tanggung jawab: 1) menyerahkan tugas tepat waktu dari 15,625% menjadi 78,125%, 2) mandiri (tidak menyontek) dari 12,5% menjadi 56,25%, 3) mengerjakan tugas rumah atau PR dari 31,25% menjadi 81,25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Course Review Horay dapat meningkatkan sikap kerja keras dan tanggung jawab siswa dalam pembelajarn matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Course Review Horay; kerja keras; tanggung jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 12:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28316 |
Actions (login required)
View Item |