Penerapan Strategi Pembelajaran Outing Class Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 01 Jantiharjo Karanganyar Tahun Ajaran 2013 / 2014

Mustofa, Arif and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Outing Class Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 01 Jantiharjo Karanganyar Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 01 Jantiharjo melalui penerapan strategi pembelajaran Outing Class. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Jantiharjo yang berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini diawali dengan kegiatan pra siklus. Kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penilaian keterampilan menulis karangan deskripsi ini berdasarkan pada lima indikator, yaitu isi, organisasi, kosa kata, pengembangan bahasa, dan mekanis. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi tersebut terlihat dari hasil tes yang dilakukan terhadap siswa kelas IV. Keterampilan rata-rata siswa dalam menulis karangan deskripsi sebelum dilakukannya tindakan siklus berkategori kurang. Namun setelah dilakukan tindakan selama dua siklus, keterampilan rata-rata siswa dalam menulis karangan deskripsi menjadi berkategori baik.. Nilai rata-rata hitung sebesar 68,00 meningkat pada siklus I menjadi 75,59 dan pada akhir siklus II nilai rata-rata hitung kembali meningkat menjadi 79,90. Jadi, kemampuan menulis puisi siswa dari pra siklus sampai ahir siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,90 poin. Selain itu juga terjadi peningkatan peresentase ketuntasan. Dari pra siklus sebesar 25,64% meningkat menjadi 58,97% pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 87,18%. Jadi, dari pra siklus hingga siklus II, terjadi peningkatan persentase ketuntasan sebesar 61,54%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran Outing Class dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 01 Jantiharjo tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Outing Class, keterampilan menulis karangan desskripsi, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 08:57
Last Modified: 19 Oct 2021 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28301

Actions (login required)

View Item View Item