Penerapan Strategi Cooperative Learning Dan Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika (PTKL Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2013/2014)

UJIASTUTI, Fitriani dyah and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Cooperative Learning Dan Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika (PTKL Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (544kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika dengan menerapkan strategi Cooperative Learning dan pemanfaatan alat peraga bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kradenan. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) Keberanian siswa bertanya kepada guru sebelum tindakan ada 4 siswa (10%), setelah tindakan menjadi 29 siswa (72,5%); (2) Keberanian siswa menjawab pertanyaan dari guru (memberikan pendapat/gagasan) sebelum tindakan ada 6 siswa (15%), setelah tindakan menjadi 33 siswa (82,5%); (3) Keberanian siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan ada 4 siswa (10%), setelah tindakan menjadi 20 siswa (50%); (4) Kemampuan siswa mengerjakan soal (memecahkan masalah dengan menemukan alternatif jawaban/cara) sebelum tindakan ada 8 siswa (20%), setelah tindakan menjadi 35 siswa (87,5%); dan hasil belajar matematika sebelum tindakan ada 4 siswa (10%) yang memenuhi KKM 76 dengan rata-rata 50,50, setelah tindakan menjadi 39 siswa (97,5%) dengan rata-rata 98,78. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Cooperative Learning dan pemanfaatan alat peraga dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Cooperative Learning, Hasil Belajar, Kreativitas Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2014 10:37
Last Modified: 02 Nov 2021 23:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27608

Actions (login required)

View Item View Item