Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Urutan Yang Baik Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen

AYUNINGTYAS, Vitasari and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum., (2014) Peningkatan Kemampuan Bercerita Dengan Urutan Yang Baik Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (717kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media gambar seri siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. 2) Kemampuan bercerita dengan urutan yang baik siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. 3) Untuk meningkatkan kemampuan bercerita dengan urutan yang baik melalui media gambar seri siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karangmalang Sragen tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, yakni dengan membandingkan nilai kemampuan bercerita antarsiklus. Kemampuan bercerita awal sebelum diberi tindakan, yang dianalisis adalah nilai unjuk kerja sebelum menggunakan media gambar seri dan nilai kemampuan bercerita setelah menggunakan media gambar seri sebanyak dua siklus. Data yang berupa nilai kemampuan bercerita antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: Data awal kemampuan bercerita nilai ratarata sebesar 62,79, siswa mendapat nilai 65 ke atas sebesar 50%. Data tersebut secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rata-rata nilai kemampuan bercerita 66,32, siswa mendapat nilai 65 ke atas mencapai 70,59%. Data tersebut secara klasikal belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II rata-rata nilai kemampuan bercerita 70,88 ketuntasan klasikal 91,18% sehingga diasumsikan bahwa sebagian besar siswa telah menuntaskan kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita dengan urutan yang baik pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bercerita, Media Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2014 10:54
Last Modified: 19 Oct 2021 08:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27584

Actions (login required)

View Item View Item