Aspek Patriotisme Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata : Kajian Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Marwanto, Marwanto and , Prof. Ali Imron Al-Ma'ruf, M.Hum. and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2013) Aspek Patriotisme Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata : Kajian Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.halaman_depan.pdf

Download (709kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Bab V)
8.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (539kB)

Abstract

Andrea Hirata seorang novelis Indonesia paling fenomenal, menghadirkan Sebelas Patriot sebagai novel ketujuhnya dalam bahasa Indonesia. Novel ini mengisahkan bagaimana ayahnya pada waktu muda dahulu menjadi pemain sepakbola. Ayah Ikal sosok yang sangat hebat. Dengan tendangan halilintarnya, Ia berhasil menjadi penentu kemenangan tim sepakbolanya. Untuk pertama kali Ayah Ikal/ Si Bungsu bersama Timnya dapat mengalahkan tim sepakbola penjajah Belanda. Ternyata kehebatan sang ayah menurun ke anaknya Ikal. Tendangan Ikal bagai halilintar yang menakutkan bagi sang penjaga gawang. Ikal berusaha dan bertekad untuk menjadi tim nasional junior PSSI, agar bisa membahagiakan ayahnya, namun cita-citanya itu tidak berhasil ia lakukan. Ia sedih dan putus asa, beruntunglah ayahnya memberikan semangat dan agar berjiwa besar. Tesis ini mempunyai tiga tujuan. 1) Mendeskripsikan stuktur novel Sebelas Patriot. 2) Mendeskripsikan makna patriotisme novel Sebelas Patriot di tinjau dari sosiologi sastra. dan 3) Mendeskripsikan implementasi novel Sebelas Patriot sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dan strategi penelitian yang digunakan berupa penelitian terpancang dan studi kasus tunggal atau embedded and case study. Subjek penelitian berupa teks novel Sebelas Patriot,dan objek yang digunakan aspek patriotisme novel Sebelas Patriot. Data pada penelitian ini berupa kutipan-kutipan kata, kalimat, dan wacana yang terdapat dalam novel Sebelas Patriot karya Andrea Hirata. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Sebelas Patriot, Sedangkan data sekunder penelitian ini adalah Biografi Andrea Hirata dan karya-karyanya, seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Maryamah Karpov, Endensor, Padang Bulan, dan Cinta di Dalam Gelas. Dalam penelitian ini digunakan trianggulasi data dan Teknik analisis data yang digunakan adalah metode dialektik. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa novel Sebelas Patriot mengisahkan patriotisme ayah Ikal untuk melawan Belanda melalui sepak bola dan keinginan Ikal untuk melanjutkan cita-cita ayahnya menjadi pemain bola, pemain PSSI. Patriotisme buta muncul sebagai akibat dari penindasan penjajah terhadap masyarakat Belitong.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: patriotisme, novel Sebelas Patriot, sosiologi sastra, pembelajaran sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jan 2014 12:50
Last Modified: 22 Oct 2021 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27425

Actions (login required)

View Item View Item