Geo-Literacy Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2012/2013

Khoirunnisak, Novita Asriyanti and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2013) Geo-Literacy Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (787kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (701kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (422kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta untuk mengetahui tingkat geo-literacy siswa serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat geo-literacy dikalangan siswa menginggat kota Surakarta merupakan daerah yang intensitas kerawanan bencananya tinggi. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa data tingkat geo-literacy dikalangan siswa lebih dari separo faham sedang akan geo-literacy (52.70%), kurang faham (2.40%) sedangkan sangat tidak faham(0%) dan sisanya faham (44.90%), data tersebut diperoleh berdasarkan hasil tabulasi kuisioner yang dilakukan peneliti sedangkan untuk faktor pendukung dan penghambat peneliti menyediakan form penelitian dari hasil identifikasi faktor pendukung dan penghambat geo-literacy yang diperoleh hasil dengan presentase faktor penghambat lebih banyak dibanding faktor pendukung yang kemudian dibandingkan dengan hasil wawancara dan observasi. Data penelitian tersebut diperoleh melalui metode penelitian kuantitatif, dimana variabel yang disajikan peneliti meliputi variabel pemahaman geografis, penalaran geografis dan tindakan siswa dalam menghadapi bencana yang mengacu pada teori geo-literacy itu sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Geo-literacy, Pemahaman dan Penalaran, Tindakan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:07
Last Modified: 31 Oct 2021 08:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25312

Actions (login required)

View Item View Item