Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Inkuiri Terbimbing dalam Pokok Bahasan Teorema Pythagoras (PTK Bagi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Jepara Tahun Ajaran 2012/2013)

Pamungkas, Aprilia Suryaning and , Drs. Slamet HW, M.Pd. (2013) Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Inkuiri Terbimbing dalam Pokok Bahasan Teorema Pythagoras (PTK Bagi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Jepara Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (268kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi inkuiri terbimbing di kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Jepara. Penelitian ini termasuk jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek dalam penelitian ini adalah guru dengan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Jepara. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 18 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa siswa. Hal ini dapat terlihat dari : (1)ketidakketergantungan pada orang lain sebelum tindakan 27,77% setelah diadakan tindakan meningkat menjadi 72,22% (2) percaya diri dalam mengungkapan ide sebelum tindakan 33,33% setelah diadakan tindakan meningkt sebesar 77,77% (3)perilaku disiplin sebelum tindakan 44,44% setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 83,33% (4) Tes mandiri kemmpuan awal siswa yang mencapai KKM sebanyak 22,22% setelah dilakukan tindakan 77,77%. Berdasarkan data hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 05:42
Last Modified: 02 Nov 2021 22:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25070

Actions (login required)

View Item View Item