Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Questions Student Have Dengan Media Torso Pada Siswa Kelas VIII H SMP N 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Oktriana, Dewi Catur and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Questions Student Have Dengan Media Torso Pada Siswa Kelas VIII H SMP N 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (563kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, pada materi Sistem Gerak Pada Manusia melalui penerapan Questions Student Have pada siswa kelas VIII H Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang terdiri dari atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan Strategi Questions Student Have yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan penilaian afektif dan kognitif dalam tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata- rata kognitif siswa pada siklus I menjadi 72,968 dari nilai awal 80,406; sedangkan nilai rata- rata afektif sebesar 12,40 (termasuk kategori cukup berminat). Nilai rata- kognitif pada siklus II menjadi 85,468 dari siklus I yang hanya 72,968; sedangkan nilai rata- rata afektif meningkat menjadi 16,34 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Questions Student Have dapat meningkatkan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII H SMP N 3 Colomadu tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar (aspek kognitif dan aspek afektif), strategi questions student have
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 06:40
Last Modified: 26 Oct 2021 15:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item