Suratmi, Suratmi and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (368kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Bab II)
05._Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (570kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran giving question and getting answer, bagi siswa kelas VII F SMP N 4 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VII F sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 36 siswa, guru sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemandirian dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah observasi, catatan lapangan, metode dokumentasi, dan test. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) memiliki tanggung jawab dan rasa percaya diri sebelum tindakan 30,56% setelah tindakan 75% (2) mampu menyelesaikan masalah sendiri tanpa bergantung pada orang lain sebelum tindakan 27,78%, setelah tindakan 69,44% (3) berani berpendapat dan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11%, setelah tindakan 44,22% dan (4) siswa yang tuntas KKM sebelum tindakan 50%, setelah tindakan 88,89%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answer dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar, Kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 04 Jul 2013 06:00 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24627 |
Actions (login required)
View Item |