Sistem Pembelajaran Matematika di Sekolah Inklusi (Studi Etnografi di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta)

Rahmawati, Nofiana Ika and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Sistem Pembelajaran Matematika di Sekolah Inklusi (Studi Etnografi di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.Halaman_Depan.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.Naskah_Publikasi.pdf

Download (421kB)

Abstract

Sekolah inklusi adalah sekolah yang menerima peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan peserta didik pada umumnya pada ruangan dan waktu yang sama. Kurikulum yang digunakan di sekolah inklusi merupakan kurikulum nasional yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem pembelajaran matematika di sekolah inklusi yang meliputi (1) perencanaan pembelajaran matematika, (2) proses pembelajaran matematika, (3) evaluasi pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah wakasek kesiswaan, kurikulum, inklusi, guru matematika dan peserta didik SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian (1) perencanaan pembelajaran matematika di sekolah inklusi tidak jauh berbeda dengan sekolah reguler. Perencanaan pembelajaran di sekolah inklusi dilakukan dengan memodifikasi materi, alokasi waktu, serta modifikasi sarana prasarana yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Ciri khusus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di sekolah inklusi adalah adanya RPP khusus bagi peserta didik berkebutuhan khusus, yang pembuatannya dijadikan satu dengan RPP untuk peserta didik normal; (2) proses pembelajaran matematika di sekolah inklusi berlangsung di dalam ruang kelas yang terdiri dari peserta didik normal dan peserta didik berkebutuhan khusu. Karena tidak ada guru pembimbing khusus (GPK), dalam proses pembelajaran, guru matematika merangkap menjadi guru pembimbing bagi peserta didik berkebutuhan khusus; (3) evaluasi pembelajaran matematika di sekolah inklusi dilakukan dengan berbagai macam teknik, diantaranya tes tertulis untuk peserta didik normal dan tes lisan untuk peserta didik tunanetra. Teknik lainnya adalah penugasan dan unjuk kerja yang dilakukan pada setiap kali pertemuan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran Matematika, Perencanaan Pembelajaran Matematika,Proses Pembelajaran Matematika, Sekolah Inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2013 05:52
Last Modified: 01 Nov 2021 22:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24626

Actions (login required)

View Item View Item