Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar (Studi Situs SD Negeri UPTD Dinas Pendidikan dan Olahraga Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012)

Rahayu, Endri Sri (2012) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Pendidikan Sekolah Dasar (Studi Situs SD Negeri UPTD Dinas Pendidikan dan Olahraga Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (770kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga (1) untuk mendeskripsikan karakteristik partisipasi masyarakat dalam menyusun rencana kerja sekolah. (2) untuk mendeskripsikan karakteristik partisipasi masyarakat dalam penyusunan rencana anggaran dan pendapatan sekolah. (3) untuk mendeskripsikan karakteristik partisipasi masyarakat dalam pengadaan sarana dan prasarana sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis domain. Hasil penelitian ini (1) Partisipasi masyarakat dalam menyusun rencana kerja sekolah diwakili oleh komite sekolah. Dalam menyusun rencana kerja sekolah, masyarakat terlibat langsung dalam tim KKRKS. Perumusan RKS dilakukan melalui 4 tahap yaitu identifikasi tantangan, analisis pemecahan tantangan, penyusunan program, dan penyusunan rencana biaya dan pendapatan sekolah Hasil penyusunan KKRKS, dikaji ulang agar RKS yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan yang selanjutnya disahkan oleh Kepala Sekolah/Komite Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan. (2) Partisipasi masyarakat dalam penyusunan RAPBS, diwujudkan dalam peran aktif komite sekolah dalam memberikan masukan pada penyusunan RAPBS, dan menyeleksi kegiatan yang harus dibiayai sesuai dengan kategori program pendidikan yang diselenggarakan atau ditingkatkan pada tahun yang bersangkutan. (3) Partisipasi masyarakat merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan. Sebab tanpa adanya partisipasi masyarakat maka program peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan tidak dapat berjalan secara maksimal. Partisipasi masyarakat dalam hal pengembangan sarana dan prasarana diwujudkan dalam bentuk keikut sertaan anggota masyarakat dalam menyusun kebutuhan sarana dan prasarana sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: partisipasi masyarakat dan pengelolaan pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 May 2013 12:42
Last Modified: 28 May 2013 12:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24273

Actions (login required)

View Item View Item