Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Berbasis Problem Posing Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika

Rejeki, Asih Sri and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Kreatif Berbasis Problem Posing Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (789kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I..pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_PUBLIKASI.pdf

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas X SMA Al-Islam 3 Surakarta melalui strategi pembelajaran kreatif berbasis problem posing. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika: 1. Mengerjakan tugas, sebelum tindakan 10 siswa (52,63%), siklus I 11 siswa(78,57%) dan siklus II 15 siswa (93,75%), 2. Mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 3 siswa (15,79%), siklus I 7 siswa (50,00%) dan siklus II 10 siswa(62,5%), 3. Mengemukakan pendapat, sebelum tindakan 2 siswa (10,53%), siklus I 4 siswa (28,75%) dan siklus II 8 siswa (50,00%), 4. Peningkatan hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan tindakan 9 siswa(47,37%), siklus I 12 siswa(85,71%) dan siklus II 15 siswa (93,75%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, pembelajaran kreatif, problem posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 05:45
Last Modified: 27 Oct 2021 21:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23219

Actions (login required)

View Item View Item