Penerapan Pembelajaran Jarimatika Untuk Meningkatkan Ketrampilan Operasi Hitung Bagi Siswa Kelas I SD Negeri 01 Pulosari Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013

Sulistyoningrum, Retno and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Penerapan Pembelajaran Jarimatika Untuk Meningkatkan Ketrampilan Operasi Hitung Bagi Siswa Kelas I SD Negeri 01 Pulosari Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (161kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1)aktif (2) meningkatkan ketrampilan operasi hitung penjumlahan dengan penerapan pembelajaran jarimatika(3)pelajaran matematika itu mudah dan menyenangkan.Diharapkan penelitian ini akan berfmanfaat bagi SD Negeri 01 Pulosari. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan keterangan-keterangan sehubungan dengan penelitian tersebut, sehingga memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data awal maka dilakukan analisis data pembelajaran siswa mencapai ketuntasan 65 sangat rendah yaitu hanya 5 siswa atau 33,31 % dari 15 siswa, maka guru menggunakan pembelajaran jarimatika untuk meningkatkan ketrampilan operasi hitung untuk meningkatkan pembelajaran siswa dimana data awal digunakan sebagai pembanding dengan data setelah dilakukannya siklus I, dan siklus II untuk mendapatkan ketuntasan yang optimal pada siswa. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran jarimatika pada operasi hitung penjumlahan, tiap siklus nilainya mengalami peningkatan sebagai berikut: Pada awal siklus I, ketrampilan operasi hitung siswa sebesar 6,7%, pada siklus I sebesar 33,31% , dan siklus II mencapai 97,02%. Siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 65 (≥ 65) pada pra siklus adalah 1 siswa (6,7%), siklus I sebanyak 5 siswa (33,31%), dan siklus II sebanyak 14 siswa (97,02%). Sedangkan rata-rata postes pada pra siklus sebesar 53, siklus I sebesar 91,44, dan siklus II sebesar 93,79.Jadi dengan penerapan pembelajaran jarimatika dapat meningkatkan operasi hitung pada siswa kelas I SD Negeri 01 Pulosari Kebakkramat tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan operasi hitung penjumlahan, pembelajaran Jarimatika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:40
Last Modified: 01 Nov 2021 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22673

Actions (login required)

View Item View Item