Harliastuti, Ekoresmi (2012) Pengelolaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (440kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
PDF (Bab VI)
8._BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
PDF (Lampiran )
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (537kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Karanganyar, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan peraga yang digunakan dalam pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Karanganyar; 3) Mendeskripsikan evaluasi alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah etnografi. Pengambilan dan pengolahan data dalam bentuk deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil data di SMP Negeri 2 Karanganyar. Nara sumber dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri 2 Karanganyar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu : 1) Wawancara mendalam (in-depth interviewing ), 2) Observasi Partisipan, 3) Mencatat dokumen (Analysis content). Untuk Pemeriksaan data dilakukan dengan cara pengujian validitas dan dependabilitas. Untuk menganalisis data pada penelitian digunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam penelitian ini, perencanaan penggunaan alat peraga dilakukan oleh guru dalam beberapa fase, yaitu meliputi bagaimana proses pengadaan, penyimpanan, serta bagaimana jumlah alat peraga tersebut dapat mencukupi kebutuhan kelas dalam kegiatan belajar mengajar; 2) Dalam tahap pelaksanaan, penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika, guru melaksanakan beberapa prosedur yaitu teknik pemakaian alat peraga di kelas dan prosedur penggunaan yang meliputi pengambilan alat peraga, persiapan alat peraga, dan pengembalian kembali alat peraga; 3) Penilaian tentang penggunaan alat peraga merupakan usaha untuk memperoleh informasi tentang keberhasilan belajar Matematika siswa secara menyeluruh, baik pengetahuan, konsep, sikap, nilai, penggunaan peraga dalam pembelajaran maupun keterampilan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika, Alat Peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 06:16 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 06:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22199 |
Actions (login required)
View Item |