Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013

Rintakasiwi, Deni Eka (2012) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Pembentukan Karakter Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (972kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (BABV)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap pembentukan karakter pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. 2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap pembentukan karakter pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. 3) pengaruh lingkungan keluarga dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 190 siswa,. Sampel diambil sebanyak 123 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 14,782 + 0,432X1 + 0,392X2. Persamaan menunjukkan bahwa pembentukan karakter dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,342 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,279 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan keluarga dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 49,342 > 3,072 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan keluarga memberikan sumbangan efektif 25,7%. Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif 19,4%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,1%, sedangkan 54,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Belajar dan Pembentukan Karakter
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Nov 2012 05:43
Last Modified: 03 Nov 2012 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20938

Actions (login required)

View Item View Item