TRIWIDATI, ASIH (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang Bagi Siswa Kelas V Sd Negeri Iv Baturetno Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (668kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._BAB_V.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (653kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah model pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri IV Baturetno Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan ada tindakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang.Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri IV Baturetno yang berjumlah 16 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang materi organ tubuh manusia. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada kondisi awal 25% mengalami peningkatan 43,75% pada siklus I dan 50% pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kelompok Bongkar Pasang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri IV Baturetno tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, kelompok bongkar pasang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 10:51 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 12:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19898 |
Actions (login required)
View Item |