Darmawati, Marlia Jannah (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Readin Guide Dengan Media Student Worksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi (PTK pada Siswa Kelas VII F SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (350kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran reading guide dengan media student worksheet pada materi organisasi kehidupan. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen yang berjumlah 45 siswa dan pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru biologi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi organisasi kehidupan melalui strategi pembelajaran reading guide. Hal ini dapat dilihat dari hasil test tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan penelitian, hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 53% dan diakhir tindakan meningkat menjadi 89%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran reading guide dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 2 Masaran Sragen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-24 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi pembelajaran reading guide. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2012 06:03 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 08:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17656 |
Actions (login required)
View Item |