Setyaningsih, Iva (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan PLSV (PTK di Kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Sambirejo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (188kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode resitasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Sambirejo yang berjumlah 30 siswa dan obyek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa mampu mengemukakan ide, sebelum tindakan sebesar 26,6%, sesudah tindakan naik menjadi 86,66%, 2) siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat, sebelum tindakan sebesar 16,6%, sesudah tindakan naik menjadi 63,33%, 3) siswa yang mampu memberikan tanggapan tentang jawaban peserta didik lain, sebelum tindakan sebesar 16,6%, sesudah tindakan naik menjadi 73,33%, 4) siswa yang mampu membuat kesimpulan, sebelum tindakan sebesar 10%, sesudah tindakan naik menjadi 56,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A410/2012-31 |
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, metode resitasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 04:58 |
Last Modified: | 02 Jul 2012 08:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17018 |
Actions (login required)
View Item |