Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan persegi (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011)

Darliyati, Dita (2011) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Persegi Panjang dan persegi (PTK terhadap siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 3 Colomadu tahun ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (126kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
3._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (BAB II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (BAB III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (BAB IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (BAB V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampairan)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Colomadu, yang berjumlah 32 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari me ningkatnya indikator keaktifan siswa yang meliputi: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0 %, putaran I 12,50 %, putaran II 28,12 % dan di akhir tindakan 53,12 %, 2) menjawab dan menanggapi pertanyaan sebelum tindakan 6,25 %, putaran I 28,12 %, putaran II 53,12 % dan di akhir tindakan 62,50%, 3) mengerjakan atau mempresentasikan soal di depan kelas sebelum tindakan 3,12 %, putaran I 15,62 %, putaran II 37,50 % dan di akhir tindakan 46,88 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-06
Uncontrolled Keywords: koopertif group investigation, keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 21 Feb 2012 06:07
Last Modified: 21 Jun 2012 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item