Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VII Semester Genap)

Paryanto, Paryanto (2011) Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika (PTK di SMP N 3 Colomadu, Karanganyar kelas VII Semester Genap). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Advance organizer dengan peta konsep. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes tertulis serta metode bantu yang meliputi catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: (1) ada peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang : a) antusias dalam belajar sebelum tindakan 46,66% dan setelah tindakan 93,33%, b) mengerjakan soal latihan sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 73,33%, c) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 56,66%, d) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 20% dan setelah tindakan 50%, e) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan 53,33% dan setelah tindakan 93,33%. (2) ada peningkatan hasil belajar siswa dengan indikator: a) siswa yang mendapatkan nilai ≥ 65 sebelum tindakan 66,66% dan setelah tindakan 93,33%, b) siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebelum tindakan 60% dan setelah tindakan 83,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Advance organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-05
Uncontrolled Keywords: motivasi, hasil belajar, advance organizer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 21 Feb 2012 05:44
Last Modified: 21 Jun 2012 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/16964

Actions (login required)

View Item View Item